Dinamika perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 menuntut kesiapan
para pendidik untuk selalu membuka diri terhadap setiap perubahan yang terjadi.
Salah satu hal terpenting dalam perubahan kurikulum
tersebut adalah bagaimana merubah pola pikir
(mindset) pendidik dalam mempersiapkan, melaksanakan dan
mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan kurikulum 2013 yang
baik dan benar.
Pengembangan
kompetensi berkelanjutan bagi para pendidik harus menjadi concern bagi setiap
stake holder Pendidikan. Untuk itu, KKG Gugus III Kec. Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu
mengadakan Workshop Penyusunan RPP dan Teknik Penilaian Kurikulum 2013 bagi
segenap guru anggota KKG Gugus III Kec. Pasangkayu yang diselenggrakan di SD.
Inpres Salumoni. Adapun yang menjadi narasumber adalah Bpk. Arman B, S.Pd.I.,
M.Pd.I yang merupakan salah satu tenaga instruktur kabupaten yang juga
merupakan guru SD. INpres Salumoni.
Uraian kegiatan
ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 16 sampai
dengan 18 Februari 2018 atau setara dengan 32 jam. Adapun penyelenggara Diklat
ini adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus III
Kec. Pasangkayu Kab. Mamuju Utara.
2.
Jenis Kegiatan
Metode
pelatihan disajikan disajikan dengan metode yang menekankan pada partisipasi
aktif setiap peserta. Metode yang digunakan antara lain: presentasi materi,
diskusi, dinamika kelompok atau individu (Brain Writing, Brain Storming), dan
kerja/tugas individu. Adapun kegiatan ini dapat dideskripsikan sebagai berikut:
Nama
kegiatan : Workshop
Penyusunan RPP dan Tekhnik Penilaian
Pada
Kurikulum 2013
Instansi
Pelakasana : Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Gugus III
Kec.
Pasangkayu Kab. Mamuju Utara.
Tempat
Kegiatan : SD. INpres Salumoni
Waktu Pelaksanaan : Tanggal,
16 – 18 Februari 2018
Peserta : Guru Kelas Pada Gugus III Kec. Pasangkayu Kab. Mamuju Utara
3. Tujuan Kegiatan
Secara
umum kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta workshop
agar dapat menyusun RPP dan mengimplementasikan tekhnik-tekhnik penilaian
kurikulum 2013.
4.
Uraian Materi
Materi pengembangan
diri ini dapat dideskripsikan sebagaimana berikut ini:
1)
Kompetensi, Materi
Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013
2)
Analisis Materi
Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013
3)
Analisis Penilaian
Hasil Belajar
4)
Perancangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
5)
Praktik Pembelajaran
dan Penilaian
5.
Tindak Lanjut Kegiatan
a) Memahami kebijakan dan konsep kurikulum
b)
Mampu menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran
c)
Mampu menerapkan system
penilaian
6.
Dampak Kegiatan
Diklat
ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam penyusunan RPP sesuai
dengan konsep kurikulum 2013 serta dapat menerapkan system penilaian kurikulum
2013 dengan berbagai macam tekhniknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar